Search
Follow Us!
My Ads
ShoutBox
Name:
Email:
For:  
Mail will not be published
(but it's required)

Translator
Translator by Yellingnews

BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI

Bagi sementara praktisi fisioterapi mungkin akan berpikir terlalu mengada-ada dengan judul artikel diatas, namun tidak bagi penulis. Lagian mengapa mesti kasus quadriplegi? Kasus stroke quadriplegi banyak ditemukan dilapangan dan biasanya perawatan fisioterapi berupa home-care karena alasan kepraktisan akibat adanya kesulitan untuk ambulasi bagi penderita.
PANGGUL6 300x242 BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI
Khususnya bagi kasus yang sudah menahun apalagi ketika kita temukan ternyata tirah-baring sudah lebih dari tiga tahun keatas dengan perawatan seadanya. Tidak ayal, kasus seperti ini tentu saja menyulitkan pihak fisioterapis yang menanganinya karena sudah pasti semua otot-otot anggota gerak beserta tendon sudah contracture parah dengan posisi yang bergantung pada kebiasaan tirah-baring penderita. Kearah manapun digerakkan, anggota gerak seolah terasa kaku terkunci.
PANGGUL2 BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI
Karena rata-rata asupan makan secara oral jauh berkurang dan pergerakan begitu minimal, maka apabila situasi ini berlangsung terus-menerus selama beberapa tahun pasti akan membuat sistem tubuh secara alamiah terpaksa akan melepaskan cadangan kalsium dalam tulang untuk memenuhi kebutuhan metabolik tubuh penderita. Yang terjadi selanjutnya adalah rapuh-nya tulang akibat kepadatan masa tulang yang semakin berkurang/keropos yang timbul karena terlepasnya kalsium tulang secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama yang disebut dengan osteoporosis dini.
PANGGUL3 BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI
Kondisi fisik penderita biasanya nampak kurus kering dan nampak sekali tonjolan-tonjolan tulang. Biasanya gerakan apapun yang dilakukan pihak perawat atau fisioterapis seolah selalu mendapatkan perlawanan. Kita mesti berhati-hati, mesti ingat safety-first, apalagi bila penderita sudah mengalami tirah-baring secara terus-menerus selama lebih dari tiga tahun, karena resiko patah tulang begitu tinggi.

Karena begitu parahnya contracture pada otot-otot anggota gerak, maka ketika sekedar ingin mencoba mengangkat salah satu ujung tungkai pada posisi back-lying, maka pelvic-hip beserta pinggang bawahnya akan ikut terangkat keatas…hal ini menunjukkan betapa parah contracture yang terjadi….
HIP BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI
Namun dengan trik-trik khusus yang biasanya hanya dimiliki oleh para praktisi fisioterapi berpengalaman, kendala tersebut relatif dapat dilewati dengan mudah,termasuk persendian yang sudah locked. Bila belum berpengalaman cukup, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan praktisi fisioterapi yang sudah berpengalaman karena kemungkinan terjadinya resiko patah tulang begitu tinggi terutama pada trochanter.

TROCHANTER 3 216x300 BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI
Secara tidak sengaja penulis mencatat beberapa kejadian patah trochanter ini, yang terakhir penulis catat terjadi pada akhir tahun lalu. Kejadian ini tentu saja tidak diinginkan siapapun bukan? Walaupun belum pernah tercatat secara resmi dan belum ada yang melakukan penelitian khusus, namun artikel ini sengaja penulis angkat agar dapat menjadi perhatian pihak keluarga penderita maupun sejawat fisioterapis agar kejadian serupa tidak terulang kembali dimasa mendatang sehingga grafik kasus seperti ini terus menurun…

*] gambar di-copy dari google-image.
**] penulis adalah survivor stroke-haemoragic.

One Response to “BAHAYA PATAH TULANG TROCHANTER AKIBAT OSTEOPOROSIS PADA STROKE QUADRIPEGI”

  • ANDE ANDE LUMUT LODAYA says:

    Barangkali ada mahasiswa fisioterapi yang tertarik melakukan penelitian pada kasus ini, karena kayaknya memang blon ada yg melakukannya…

Leave a Reply